Senin, 08 September 2008

Tanda-Tanda Malam Al-Qadar dan cara mengetahuinya

Tanda-Tanda Malam Al-Qadar dan cara mengetahuinya

Muhammad bin Muslim bertanya kepada Imam Muhammad Al-Baqir (sa) tentang tanda-tanda malam Al-Qadar? Beliau menjawab: "Malam itu harum baunya, jika di musim dingin malam itu terasa panas, jika di musim panas terasa dingin, dan baunya harum." (Al-Faqih 2: 159)

Imam Ja'far Ash-Shadiq (sa) berkata: "Malam Al-Qadar terjadi setiap tahun, dan harinya seperti malamnya." (Al-Wasail 10: 359)

Rasulullah saw bersabda: "Malam Al-Qadar terjadi di bulan Ramadhan, maka hendaknya bersungguh-sungguh untuk mendapat-kannya di malam ganjil dari sepuluh malam terakhir yaitu malam ke 21 atau ke 23 atau ke 25 atau ke 27 atau ke 29 atau malam terakhir dari bulan Ramadhan. Barangsiapa yang melakukan qiyamul layl pada malam itu, ia diampuni dosa-dosa yang lalu." (Mustadrak Al-Wasail 7: 476)

Shaleh bin Muhammad pernah mengirim surat kepada Imam Abu Muhammad (sa), yang isinya bertanya tentang mandi sunnah di bulan Ramadhan. Kemudian beliau membalas suratnya: "Jika kamu mampu, hendaknya mandi sunnah pada malam ke 19, ke 21 dan ke 23. Karena malam-malam itu diharapkan datangnya malam Al-Qadar. Jika kamu tidak mampu menghidupkan malam-malam itu, maka jangan lewatkan untuk menghidupkan
malam ke 23 dengan shalat 100 rakaat, setiap rakaat setelah Fatihah membaca surat Al-Ikhlash (11 kali)." (Al-Wasail 10: 358)

Seseorang bertanya kepada Imam Muhammad Al-Baqir (sa): Bagaimana cara mengetahui bahwa malam Al-Qadar itu terjadi setiap tahun? Beliau menjawab: "Jika bulan Ramadhan datang, hendaknya kamu membaca surat Ad-Dukhkhan (100 kali) setiap malam, maka pada malam ke 23 kamu akan melihat kebenaran apa yang kamu tanyakan." (Al-Wasail 10:362)

Keutamaan malam Al-Qadar dan Peristiwa penting di dalamnya, tentang takdir kehidupan manusia di malam Al-Qadar, tanda2 malam Al-Qadar dan cara mengetahuinya, dosa2 yang diampuni dan yg tidak diampuni di malam Al-Qadar, dan dialog Nabi saw sekitar persoalan di malam Al-Qadar.

Tidak ada komentar: